Kamis, 21 Oktober 2010

PUNCAK TELAGA DAN JALAN TEMBUS GUNUNG JAWA TIMUR JAWA TENGAH

Puncak Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur

Tanggal 17 Mei 2008 karena merupakan libur panjang kami sekeluarga memutuskan untuk pulang kampung ke surabaya, madiun, magetan lewat jalur selatan dengan perjalanan malam hari. Setelah matahari pagi nonggol perjalanan udah sampai di kaki Gunung Lawu. Kota Sarangan Magetan, kota kecil di Jawa Timur.

Sarangan adalah sebuah lokasi wisata di dataran tinggi Gunung Lawu, dengan obyek utama telaga dan air terjun, dikelilingi nuansa pegunungan yang khas. Dari Magetan masih ada 17 km arah barat (menuju gunung) untuk tiba di Sarangan. Sekarang kalo dari arah barat kota Karanganyar, Solo Jawa Tengah jalannya udah landai gak seperti dulu naiknya hampir 75 derajat, sekarang mobil cc kecil aja bisa lewat dan jalannya lebar lagi.. apalagi kalo pake teruci (terios rush club indonesia) wow enteng….




Ini adalah jalan menuju sarangan, yang kelihatan berkelok-kelok tapi indah. Buat pengendara motor, ini akan menjadi sangat menyenangkan. Menguji skill berkendara sekaligus menikmati segarnya udara. Membuat rindu jika lama tak melakukannya.
Karena alasan terjal-tajam serta sempit itulah, Pemda Magetan sejak beberapa tahun lalu menggagas proyek jalan tembus yang lebih smooth. Sekarang jalan itu sudah jadi , jalan tembus (berawal dari sebelum main gate Sarangan sampai Cemoro Sewu) dengan jalan ini, maka Solo-Madiun lewat Magetan Karanganyar yang biasa 2 jam bisa ‘hanya’ 1 jam-an. Ceritanya ‘bermimpi’ seperti Puncak, Bogor
Dari pinggir jalan tersebut kita bisa melihat telaga sarangan dari view lain aitu dari atas, dimana seluruh daerah wisata sarangan dapat dilihat untuk memanjakan mata ditengah dinginnya udara Puncak Sarangan.
Sekilas dari arah jalan ke Cemoro Sewu, terlihat Telaga Sarangan yang sudah ‘tidak perawan” lagi karena banyak dikelilingi bangunan-bangunan, mulai pasar tiban hingga hotel.

Ada beberapa kedai disana, yang menyajikan makanan khas wisata gunung, semisal jagung bakar, sate kelinci dan pastinya minuman hangat. Cukup ramai juga hari itu. Saya dan keluarga menyempatkan duduk lesehan menikmati sate kelinci Rp7000 untuk 20 tusuk dan lontong murah kan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar